3 WNI Relawan RS Indonesia di Gaza Selamat, Menunggu Dievakuasi

Asuransi230 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Tiga warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi relawan di Rumah Sakit Indonesia, Gaza, Palestina telah bisa berkomunikasi setelah sempat hilang kontak beberapa hari sejak 11 November 2023. Kabar dari mereka membuat lega pascaserangan Israel di Jalur Gaza.

Ketua Presidium organisasi kemanusiaan MER-C Sarbini Abdul Murad mengaku, telah mendapat kabar dan keberadaan tiga relawan WNI itu. Diketahui mereka adalah Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanjabil Al Ayubi.

“Bahwa sekirar jam 17.30 (waktu setempat) kami mendapatkan kontak dari sumber kami, dan kami juga langsung bisa berkomunikasi dengan salah seorang relawan yaitu, saudara Reza,” kata Sarbini Abdul Murad di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Ia mengemukakan, mereka masih berada di tempatnya beraktivitas. Kabar baik tersebut seraya meluruskan simpang siur informasi mengenai kondisi mereka pascaagresi militer Israel.

“Kami menanyakan informasi mereka dan kami sempat berbicara dengan mereka. Reza mengatakan bahwa, sekarang mereka bertiga ada di RS Indonesia, Gaza,” tutur Sarbini.

Mereka bakal dipindahkan ke tempat yang lebih aman. “Sekarang sedang menunggu evakuasi ke selatan. Kemungkinan ada dua, pertama Rumah Sakit Al Nasser. Kedua, ke Rafah rumah sakit Eropa,” imbuh Sarbini.

Tiga relawan itu sempat dikabarkan menjadi korban serangan Israel. Dua orang menjadi tahanan militer Israel, sedangkan satu orang lainnya tidak diketahui keberadaanya.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi belum mendapag perkembangan siginifikan mengenai tanda-tanda keberadaan mereka. Bahkan informasi yang diterimanya cukup terbatas.

“Informasi yang kita peroleh dari berbagai Lembaga UN dan berbagai pihak yang berada di Gaza juga masih sangat minim. Dan kami akan terus berikhtiar secara maksimal,” ujar Retno secara terpisah dari Moskow, Rusia, Selasa (21/11/2023).

Baca Juga  KPU: Usai Coblosan, 35 Petugas Pemilu 2024 Meninggal Dunia

Hilang kontak itu terjadi usai Israel menyerang RS Indonesia di Gaza, Palestina beberapa waktu lalu. Tercatat ada 12 orang tewas dalam serangan Israel ke RS Indonesia di Gaza. (dan)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *