Asli Karya Bangsa Indonesia, PKS: Jadikan Batik Indentitas Nasional

Asuransi251 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Sekjen Partai keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan, batik adalah salah satu identitas nasional yang khas. Memakai pakaian batik, semakin memperkuat identitas dan menjadi kebanggaan bangsa.

“Sebagai anak bangsa tentu kita harus melestarikan batik sebagai karya asli bangsa Indonesia,” ujar Habib Aboe Bakar Al Habsyi di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Menurut dia, batik bukan sekedar asal buat, namun menggabungkan aspek cipta, rasa, dan karsa para leluhur. Penuh dengan filosofi yang luhur.

Apalagi, lanjut dia, batik sudah ditetapkan sebagai world heritage (warisan dunia) oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada 2 Oktober 2009 lalu.

“Karena itu setiap anak bangsa harus menunjukkan kebanggaannya atas batik di depan bangsa-bangsa internasional,” ungkapnya.

Diketahui, jumlah motif batik di Indonesia yang tersebar dari Aceh hingga Papua berjumlah 5.849 motif batik pada 2015 menurut penelitian Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya.

Dikatakan dia, banyaknya jumlah motif batik itu menunjukkan kreatifitas dan ketertarikan anak bangsa terkait batik semakin berkembang.

“Saya juga melihat para generasi millenial juga sangat apresiatif terhadap batik nasional. Ini sesuatu yang sangat menggembirakan,” ujarnya. (nas)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Genjot Sektor Ternak, Srikandi Ganjar Sumsel Berikan Materi Budi Daya Ikan Lele

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *