Capres Anies Ingin Bangun Kota-Kota Modern di Indonesia

Asuransi143 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menegaskan perhatiannya pada Pembangunan kota modern yang membuat warganya sehat, dengan infrastruktur yang lengkap untuk menunjang kehidupan warganya, serta kebijakan tentang hunian yang berorientasi transit.

Penegasan ini disampaikan Anies saat seorang penanya yang mengusukan pembentukan Kementerian baru bidang perumahan, perkembangan kota, dan kawasan ekonomi dalam dialog bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) bertajuk “Roadmap Perekonomian Indonesia 2024-2029,” di Jakarta, Senin (11/12/2023).

“Ke depan kita fokus pembangunan kota modern, kota yang membuat warganya sehat, punya infrastruktur penopang kehidupan manusia, punya kebijakan hunian yang berorientasi transit,” kata Anies.

Anies menjelaskan, pembangunan kota modern merupakan satu dari sekian banyak isu strategis yang perlu mendapat perhatian serius.

Pembangunan kota modern ini, lanjut Anies, sejalah dengan agenda pemerataan Pembangunan. Anies berjanji akan membangun kota-kota modern di Indonesia sebagai pusat perekonomian baru di Indonesia.

Anies pun menuturkan ingin mengantarkan Indonesia adil makmur untuk semua.

“Visi Kami adalah Indonesia Adil Makmur Untuk Semua, Kami ingin Indonesia tetap tumbuh, tidak hanya kuenya yang membesar, tapi juga pembagiannya lebih merata dan lebih sustainable, jadi aspek pemerataan dan keberlanjutan, itu jadi unsur perubahannya kami yang ingin bawa untuk Indonesia lebih makmur untuk semua,” kata Anies.

Dalam memujudkan hal tersebut khususnya untuk agenda pemerataan, Anies berjanji akan membangun 40 kota sebagai pusat perekonomian. “Reindustrisasi di berbagai wilayah, jadi sentral-sentral pergerakan perekonomian,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Anies menyampaikan agenda perubahan yang diusung dan diperjuangan akan menjawab berbagai persoalan yang dihadapi pengusaha, mulai dari inkonsistensi kebijakan dan ketidakpastian hukum, biaya logistik mahal, kualitas dan daya saing tenaga kerja rendah hingga trend deindustrialisasi, menuju konsistensi kebijakan dan kepastian hukum, biaya logistik murah, tenaga kerja lokal yang berkualitas dan berdaya dan industrialisasi berkelanjutan.

Baca Juga  Pengumuman! Ini Pemenang BRI Write Fest 2023

Dalam pemaparannya, Anies menyampaikan setidaknya ada 6 agenda strategis dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif dan transparan, serta mendorong reindustrialisasi melalui :

1. Menghadirkan kepastian hukum. kemudahan perizinan dan konsistensi kebijakan.
2. Menurunkan biaya logistik yang mahal.
3. Mempersiapkan manusia Indonesia yang berkelanjutan dan berdaya saing.
4. Membangun keberpihakan pada industri lokal semua bisa naik kelas.

5. Menjadikan kota-kota di berbagai wilayah Indonesia sebagai pusat-pusat pertumbuhan.
6. Mengakselerasi transisi energi melalui pendepatan partisipasi masyarakat dan pelaku usaha. (dil)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *