Diprediksi Macet Total, Penutupan Jalur Menuju Puncak Mulai Diberlakukan

Asuransi132 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Cianjur Ajun Komisaris (AKP) Adhi Prasidya menyatakan bahwa pada malam pergantian tahun, Kepolisian Resor Cianjur, Jawa Barat, akan menutup jalur menuju Puncak mulai dari Tugu Lampu Gentur hingga By Pass Cianjur.

“Penutupan akan berlangsung dari pukul 18.00 hingga 06.00 WIB. Arus kendaraan yang terkena dampak akan diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi,” katanya dalam keterangan Kamis (21/12/2023).

Menurutnya, pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan di Jalan Raya Ciloto Puncak yang akan ditutup pada pukul 18.00 sampai 06.00 WIB sehingga tidak ada kendaraan yang melintas di kawasan Puncak Pass.

“Penutupan akan berlangsung mulai tanggal 31 Desember 2023 hingga tanggal 1 Januari 2024. Hanya warga lokal yang menuju Cugenang, Cipanas, Pacet, dan Sukaresmi yang diizinkan melintas dari Cianjur, dengan syarat harus menunjukkan EKTP,” ujarnya.

Ia menjelaskan, selama penutupan berlangsung, kendaraan dengan tujuan Bogor, Jakarta dan seterusnya akan dialihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, sebagai upaya mencegah terjadinya macet total saat malam pergantian tahun.

Penutupan dilakukan sebagai upaya menunjang penerapan malam bebas kendaraan yang diterapkan Polres Bogor saat malam pergantian tahun agar tidak terjadi antrean panjang kendaraan dengan laju terhenti total hingga berjam-jam.

“Rekayasa arus diberlakukan menjelang penutupan jalur menuju kawasan Puncak dari Cianjur, termasuk rekayasa di sepanjang jalur protokol Cianjur agar tidak terjadi macet total pada malam pergantian tahun,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang hendak merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak, tetap dapat melintas sebelum pukul 18.00 WIB.

“Silakan yang ingin merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak-Cipanas berangkat lebih awal sebelum diberlakukan penutupan,” ucapnya.

Baca Juga  Soal Transaksi Janggal Parpol, PPATK: Pemilu Fokus Visi Misi Bukan Monetisasi Demokrasi

Ia mengimbau pengendara yang berencana melintas di jalur utama Cianjur selama malam pergantian tahun untuk tetap berhati-hati, waspada, dan mematuhi aturan berlalu lintas. Para pengendara juga dihimbau untuk mendengarkan anjuran dari petugas agar dapat menghindari kemacetan yang mungkin terjadi dan menghindari terjebak dalam situasi macet yang berkepanjangan. (fer)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *