Dongkrak Ekonomi Kawasan, KemenkopUKM Dukung Kolaborasi IMT-GT Expo Gebyar Melayu Pesisir

Asuransi262 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) mengapresiasi Kepulauan Riau dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepulauan Riau yang telah menyelenggarakan ‘Indonesia-Malaysia-Thailand-Growth Triangle (IMT-GT) Expo Gebyar Melayu Pesisir yang merupakan bagian dari rangkaian acara Regional Ministerial Meeting IMT-GT Ke-29 Tahun 2023.

Potensi IMT-GT sangat strategis bagi pertumbuhan ekonomi ketiga negara. Pada pertemuan IMT-GT di KTT ASEAN Kamboja tahun 2022 dan KTT IMT-GT Ke-15, Presiden Jokowi menyampaikan, tiga fokus yang bisa dilakukan untuk mewujudkan visi IMT-GT tahun 2036.

Pertama, membangkitkan sektor pariwisata sub-kawasan. Kedua, mempercepat pembangunan hard dan soft infrastructure. Ketiga, mewujudkan ekonomi sub-kawasan yang hijau dan berkelanjutan.

“Untuk mengimplementasikan ketiga fokus tersebut diperlukan sinergi dan kolaborasi berbagai stakeholder sub-kawasan,” kata Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Riza Damanik yang mewakili Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki dalam kegiatan IMT-GT Expo Gebyar Melayu Pesisir, Kepulauan Riau, Rabu (27/9).

Riza menekankan, Provinsi Kepulauan Riau merupakan wilayah yang strategis karena berhadapan langsung dengan jalur pelayaran internasional, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga terdekat. Seperti Singapura dan Malaysia, yang memiliki aktivitas perdagangan internasional relatif tinggi.

“Sehingga kolaborasi dan sinergi sub kawasan merupakan pendekatan yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kawasan,” ujarnya.

Ia menambahkan, potensi pariwisata di Riau sangatlah besar. Di mana jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Kepulauan Riau selama Maret 2023 tercatat sebanyak 126.527 kunjungan atau mengalami kenaikan 35,93 persen dibanding bulan sebelumnya.

“Maka, dengan dicanangkannya IMT-GT Visit Year 2023-2025 dapat dijadikan sebagai ujung tombak pemasaran dan promosi baik pariwisata dan UMKM,” katanya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengajak masyarakat Kepulauan Riau dan para delegasi IMT-GT, untuk dapat meramaikan pameran UMKM dan dapat berbelanja produk-produk UMKM berkualitas dari Kepri, Sumatera, serta negara tetangga Malaysia dan Thailand.

Baca Juga  Universitas Darunnajah-Darul Fatwa Programkan Pertukaran Dosen hingga Santri

Ia berharap, inovasi dan kolaborasi pengembangan UMKM dapat terus dilanjutkan ke depan oleh semua pihak. Pelaku UMKM tegasnya, dapat terus berperan aktif dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau yang berkelanjutan, serta inklusif.

“Saya juga berharap IMT-GT Expo-Gebyar Melayu Pesisir ini dapat menjadi event reguler yang semakin besar, serta masuk dalam kalender tetap event yang wajib dikunjungi oleh negeri-negara ASEAN lainnya,” kata Riza. (adv)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *