HSP ke-95 Jadi Momentum Bangun Kolaborasi Antargenerasi, Ini Pesan Sekjen Kemendikbudristek

Asuransi19 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95. Momentum ini mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme.

Dalam Sumpah Pemuda 1928 lalu telah melahirkan sebuah komitmen kebangsaan, yakni bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“HSP ke-95 harus jadi momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset, Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti di Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Selain itu, lanjut dia, menjadi momentum untuk membangun kolaborasi antargenerasi dan antarsektor. Saat ini, menurut dia, pemerintah telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia.

“Saat ini kita sedang menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoaks, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya,” katanya.

“Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur,” imbuhnya.

Di sisi lain, masih ujar dia, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antargenerasi.

“Kita perlu bertanya apakah artificial intelligence telah digunakan optimal secara masif. Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan,” ucapnya. (nas)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Pakar Hukum Tata Negara: Politik Dinasti Merusak Demokrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *