Jadi Warisan Budaya Nasional, KCBN Muaro Jambi akan Direvitalisasi

Asuransi128 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah mempersiapkan revitalisasi Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi, Provinsi Jambi. KCBN Muaro Jambi mendapat status warisan budaya nasional melalui penetapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No: 259/M/2013.

“Revitalisasi akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Pembangunan fisik, khususnya museum, peletakan batu pertamanya juga akan dilaksanakan pada tahun ini,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid dalam keterangan, Rabu (10/1/2024).

Ia menyebut, revitalisasi KCBN Muaro Jambi tidak hanya untuk melestarikan cagar budaya, tetapi juga keanekaragaman hayati di daerah tersebut. Oleh sebab itu, menurutnya, penataan menerapkan konsep harmonisasi dengan ekosistem alam sekitarnya.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti menjelaskan, bahwa revitalisasi akan mengoptimalkan program Merdeka Belajar melalui pembangunan fasilitas riset dan studi yang disebut Kampus Merdeka.

Kampus Merdeka akan dibangun di atas lahan seluas 30 hektare yang di sekitarnya tidak terdapat struktur bangunan candi. Kampus ini bukan berupa gedung permanen, melainkan semacam rumah panggung dari kayu. Di kompleks Kampus Merdeka disediakan pula museum, galeri, laboratorium, dan fasilitas untuk belajar.

“Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka harus dilaksanakan secara optimal di KCBN Muaro Jambi mengingat Muaro Jambi telah menjadi pusat pendidikan sejak abad ke-8,” terang Suharti. (nas)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Nelayan Tolak Regulasi di KKP Trenggono Ajak Kadis Kelautan dan Perikanan untuk Implementasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *