Jaga Legitimasi Pemilu, Jokowi Ingatkan KPU Jangan Melenceng dari Aturan

Asuransi128 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat bekerja mengikuti ketentuan dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pesta demokrasi 5 tahunan pada tahun 2024. Hal tersebut penting dilakukan demi menjaga legitimasi Pemilu 2024.

“KPU juga betul-betul netral, tidak memihak. Bertindak sesuai aturan saja, KPU bisa dicurigai, apalagi KPU mencoba untuk melenceng dari aturan,” kata Jokowi dalam rapat Konsolnas Kesiapan Pemilu 2024 du Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

KPU pusat dan tingkat daerah harus melaksanakan pedoman netralitas di Pemilu. Sebab, jika tak dijalankan akan merusak proses politik dalam melahirkan pemimpin hasil pilihan rakyat.

“Ini yang harus kita jaga bersama-sama, jangan sampai terjadi. Ini bisa berbahaya bagi KPU dan legitimasi pemilu kita,” ucap Jokowi.

Ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga Pemilu berjalan jujur dan adil. Prosesnya berjalan lancar dan bisa diawasi oleh masyarakat.

“Serta hasilnya yang baik dan terpercaya,” tutur Jokowi.

Ia telah berulang kali berpesan menyampaikan netralitas kepada aparatur negara dalam kontestasi politik.

“Saya sudah bolak-balik, saya sampaikan. Baik ASN, TNI, Polri harus bersikap netral dan tidak memihak,” cetus Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2014 itu.

Namun, tetap membantu ketika mendistribusikan perlatan Pemilu ke wilayah tertentu atau sulit dijangkau oleh penyelenggara Pemilu.

“Tapi, aparat negara harus mendukung tugas penyelenggaraan Pemilu. Misalnya bantuan pengirimam logistik ke tempat-tempat sulit dan wilayah terluar,” imbuhnya. (dan)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Gempa M 5.7 Guncang Padang di Sumatera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *