KLHK dan Taman Safari Indonesia Resmikan Hutan Pakan Satwa, Kembali Tanam 200 Pohon Buah di Kaki Gunung Gede Pangrango!

Asuransi133 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan (KLHK) RI, Siti Nurbaya Bakar, melakukan penanaman pohon di Taman Safari Bogor, Sabtu (30/12/2023).

Siti Nurbaya Bakar mengatakan, program penanaman pohon ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam menjaga lingkungan selama musim penghujan.

“Jadi kami lakukan ini seluruh indonesia, di Jawa Barat saya ambil di sini, kemudian para pejabat eselon 1, wamen, sekjen, dirjen, kepala badan, staf ahli menteri dan lain-lain itu juga melakukan penanaman di seluruh Indonesia,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (30/12/2023).

Ia mengatakan, target dari penanaman pohon ini adalah menutup area-area terbuka untuk terus menekan angka deforestasi atau penggundulan hutan yang nantinya bermanfaat untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Siti Nurbaya Bakar menerangkan, program penanaman pohon ini juga sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang akan dilakukan setiap satu bulan sekali secara serentak.

Ia juga menginstruksikan kepada jajarannya untuk memperioritaskan melakukan penanaman di area publik agar indeks tutupan lahan semakin baik.

“Jadi Desember sudah dilakukan hari ini, akan dilajukan lagi bulan Januari, Februari, Maret, kalau nanti hujannya masih kami lakukan lagi di bulan April,” katanya.

Adapun kegiatannya di Taman Safari Bogor, ia mengajak keluarga besar KLHK untuk melakukan penanaman pohon di area Hutan Pakan Satwa. Ia menyebut ada sekitar 200 pohon yang ditanam di area tersebut dengan melibatkan peran serta anak-anak di dalamnya sebagai sarana edukasi.

“Pendekatan yang saya minta kepada seluruh pejabat di KLHK adalah menanam bersama masyarakat, kalau kita bilang masyarakat, disitu ada ciri kekeluargaan juga. supaya anak kecil juga diajak diajari nanem agar di dalam jiwanya rasa cinta terhadap alam yang dituangkan dalam bentuk menanam,” katanya.

Baca Juga  Pakar Hukum Tata Negara: Politik Dinasti Merusak Demokrasi

Di tempat yang sama, Direktur Taman Safari Indonesia (TSI), Jansen Manansang mengaku sangat berterimakasih kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI yang begitu peduli terhadap lingkungan agar alam terus lestari.

“Menanam pohon ini memang manfaatnya banyak sekali, tadi indeks tutupan lahan di hijaukan, juga manfaatnya itu resapan air agar tidak longsor dan sebagainya, termasuk meningkatkan perekonomian,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (30/12/2023).

Selain itu, menurutnya penanaman pohon ini tidak hanya sekedar menutup area lahan kosong, akan tetapi untuk di Taman Safari Bogor sendiri sangat terbantu karena pohon yang ditanam bisa dimanfaatkan sebagai pakan satwa.

Terlebih, area di Taman Safari Bogor dahulunya merupakan area yang tidak produktif. Namun kini disulap menjadi area Hutan Pakan Satwa yang berisi pepohonan berbagai jenis, termasuk buah-buahan.

“Yang paling hebat lagi itu manfaatnya untuk pakan, jadi kami sudah nanam 3 tahun lalu oleh bu menteri juga dan berhasil, sekarang tingginya udah 4 meter sampai 5 meter dan daun-daunnya sudah bisa dijadikan pakan satwa-satwa,” pungkasnya.

Acara berlangsung dalam suasana akrab dan hangat. Acara juga dihadiri Founder sekaligus Direktur Taman Safari Bogor, Frans Manansang dan pejabat KLHK dari pusat hingga wilayah. Sebelumnya, pada Desember 2020 lalu, Menteri LHK RI, Siti Nurbaya Bakar juga telah melakukan penanaman pohon di area yang sama. Kini, pohon-pohon yang ditanam pada 2020 lalu itu sudah besar dan beberapa telah berbuah. (adv)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *