Menlu: Indonesia Bersiap Kirim Kapal Rumah Sakit untuk Palestina

Asuransi199 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Indonesia terus berkomitmen membantu Palestina. Banyak bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan, makanan bergizi serta kebutuhan logistik lainnya telah dikirimkan sebagai respon situasi Gaza.

Paling terbaru, Indonesia berencana mengirim kapal rumah sakit ke Gaza untuk memberikan bantuan medis bagi rakyat Palestina yang terdampak serangan militer Israel.

“Kita bersiap mengirim kapal rumah sakit, menunggu perizinan otoritas terkait. Kita akan terus berupaya dan berupaya,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam diskusi publik bertajuk “Kilas Balik Diplomasi Indonesia” di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2024).

Pengiriman kapal rumah sakit ke perairan sekitar Gaza bakal dilakukan, setelah mendapat izin dari pemerintah Mesir. Semangat mendukung Palestina sesuai amanat konstitusi.

“Indonesia tidak akan menyerah, kita tahu Ini tidak mudah, tetapi kita sudah memilih kita berada di sisi sejarah yang benar untuk membela keadilan rakyat Palestina,” ujar Retno.

Indonesia secara konsisten menyuarakan, dukungan terhadap perjuangan bangsa Palestina untuk memperoleh kemerdekaan dan kedaulatannya secara penuh.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui telah bertolak di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, pada Minggu (12/11/2023) sekira pukul 16.20 waktu setempat. Jokowi diagendakan bertemu dengan Presiden AS Joe Biden pada Senin, 13 November 2023 membahas isu Palestina.

“Terus berbicara mencari jalan penyelesaian isu Gaza. Akhir tahun lalu mengunjungi Washington DC dan lainnya,” ujar Retno.

Selain itu, ketika Indonesia memimpin pertemuan Trade Development Board (TDB), United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) di Jenewa pada November 2023 membahas bantuan Palestina.

“Di Jenewa ada pertemuan tingkat Menlu, dan peringatan 74 tahun (TDB). Selama di Jenewa bertemu dengan badan-badan internasional,” imbuhnya. (dan)

Baca Juga  Berbicara di Silatnas ICMI, Anies Tegaskan Perubahan Paradigma Kunci Pemerataan Pembangunan di Indonesia Timur

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *