Nilai 95 – www.indopos.co.id

Asuransi21 Dilihat

Oleh: Dahlan Iskan

INDOPOS.CO.ID – DARI 0 menjadi 80. Itulah hasil prestasi Lee Kuan Yew di Singapura. Anaknya, membawa nilai 80 itu ke 95.

Betapa sulit tugas si 4G Lawrence Wong. Pengganti Lee Hsien Loong itu nanti hanya perlu menaikkan nilai Singapura tiga poin saja: menjadi 98.

Tiga poin.

Mungkin lebih sulit dari 15 poin yang dihasilkan Lee Hsien Loong.

Meski Lee Hsien Loong begitu berhasilnya tetap saja ia memikul”’dosa;’ turunan: dianggap bisa jadi perdana menteri hanya karena anak pendiri Singapura, Lee Kuan Yew.

Untuk ”dosa” itu Lee Hsien Loong pernah berujar: “Ada yang meragukan kemampuan saya  jadi perdana menteri. Saya dianggap bukan orang yang paling cocok. Hanya karena ayah saya saja. Istri saya pun jadi pemimpin di grup Temasek dianggap bukan orang yang paling cocok melainkan karena dia istri saya. Kalau benar begitu maka seluruh kredibilitas dan kewibawaan moral saya hancur karena saya tidak layak untuk posisi ini.”

Padahal ia sudah hebat sejak anak-anak. Lee Hsien Loong sudah belajar membaca Jawi di umur 5 tahun.

Anda sudah tahu: Jawi adalah bahasa Melayu yang ditulis pakai huruf Arab. Hurufnya Arab tapi bunyinya Melayu. Karena itu penguasaan bahasa Melayunya sangat baik. Lihatlah pidatonya dalam bahasa itu. Mengesankan.

Nilai yang ia raih saat SMA pun sempurna. Itulah yang membuatnya mendapat beasiswa presiden. Bukan karena anak papa.

Dengan beasiswa itu ia kuliah di Cambridge, Inggris. Ia pilih jurusan matematika.

Dosennya di Cambridge pernah minta Lee Hsien Loong untuk tetap tinggal di Inggris. Atau di Amerika. Untuk menjadi ilmuwan matematika. Jangan pulang ke Singapura. Mentornya di Inggris akan mengarahkannya menjadi ahli di bidang teori grafik kontemporer, kombinatorik, dan analisis fungsional.

Saat di Inggris itulah Lee kenal wanita setahun lebih tua: Huang Mingyang. Huang sedang kuliah kedokteran di Girton College.

Saat berumur 26 tahun Lee menikahi Huang. Tiga minggu setelah Huang melahirkan anak kedua dia meninggal: sakit jantung –bukan kanker.

Béla Bollobás, disebut oleh media di Tiongkok, adalah ahli matematika yang jadi mentor Lee. Di media itu sang mentor berkata tentang Lee Hsien Loong: “Ia benar-benar luar biasa, jauh melebihi siswa lainnya.”

Bagi Lee Hsien Loong, akademisi tidak akan pernah menjadi pilihan. Sebagai anak pemimpin nasional, ia tidak akan pernah bebas. Ia harus menjaga pendapat orang lain terhadap dirinya.

Tak hanya di bidang akademik, Lee Hsien Loong juga menorehkan prestasi di bidang musik. Ia mempelajari klarinet sejak kecil. Ia bergabung dengan Brass Band.

Tulis media Tiongkok itu: “sementara anak-anak lain hanya bisa memainkan beberapa partitur musik sederhana, ia sudah bisa memainkan konser Mozart dengan mahir”.

Maka, kian lama tuduhan ”hanya karena anak Lee Kuan Yew itu” hilang. Bahkan publik bisa melihat perbedaan yang mencolok antara Lee dan bapaknya.

“Lee Kuan Yew keras, tegas, bicara apa adanya, tidak suka ada orang yang hanya bicara omong kosong”.

“Lee Hsien Loong lebih lembut, bijaksana, dan merakyat.”

Tanggal 15 Mei bulan depan, ketika Lee Hsien Loong menyerahkan jabatan perdana menteri Singapura ke Lawrence Wong satu hal perlu dicatat: beda gaya bisa membawa hasil serupa.

Gaya Lee yang pasti tidak bisa dilakukan bapaknya dulu adalah ini: bermain medsos.

Lee Hsien Loong punya Facebook pribadi. Diisi sendiri. Tulis sendiri. Hanya foto yang bukan hasil jepretannya. Mungkin setelah 15 Mei nanti Lee punya waktu memotret. Kita lihat apakah akan ada yang beda di Facebooknya kelak. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 18 April 2024: Nilai 70

djokoLodang

–o– … Anda sudah tahu hebatnya kisah percintaan suami istri anak pendiri dan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew ini. … ————————————————— Seorang suami menyesal pisah ranjang dengan istrinya, lalu dia menelpon dari kantor. “Sayang, maafkan aku. …” Istrinya menjawab, “Maaf, maaf … Enak saja. …Di dekatmu ada gelas?” Suami: “Hah, gelas, buat apa? Tidak ada. Kenapa emangnya?” Istri: “Kalau begitu cari ke mana saja dan pegang gelasnya baik-baik…”, dengan nada sedikit emosi. Suami agak heran dengan permintaan istrinya. “Baiklah, Sebentar kucari … Jangan ditutup teleponnya, ya, sayang.” Setelah gelasnya didapat, dia bilang “…UDAH SAYANG, UDAH DAPET GELASNYA,… terus …?” Istri: “Lemparkan gelas itu ke lantai”, sedikit membentak. Suami: “Oke…oke…Gelasnya sudah kubanting sekeras-kerasnya ke lantai, sayang.” Istri: “Sudah pecah, kan? … Sekarang coba kembalikan gelas itu seperti semula, … … gak bisa kan? … Begitu juga hatiku…” Suami: “Gelasnya tidak pecah sayang…, yang kuambil tadi gelas plastik.” Istri : “Iiiiiih…, sebel deh…, ya udah cepetan jemput aku. Ajak aku belanja ya….” –jL–

Baca Juga  Transformasi Bawa BRI Catatkan Kinerja Cemerlang di Usianya Yang Ke-128

Kang Sabarikhlas

Duh, terpaksa komen buat jawaban Pak Handoko Luwanto dan Mas Djoko Lodang, begini ceritanya : Pk.03.50 saya dah standby di CHD berharap pertamax, sampai 05.50. CHD tak bergeming tetap Nilai Nol. Lalu saya mandi ngopi+ngudut dan berangkat ngantar cucu sekolah… Dihari pertama sekolah, sesama walimurid smp saling ucap minal aidin wal faizin, dan saya asyik ber-bincang² dgn seorang Ibu 5iiiii all in bersuami ‘bangThoyib’ di pelayaran 6-8 bulan pulangnya… Sebagai ‘don Qisut’ blnMei dah 68th tapi saya masih josgandos, coba² keluarkan jurus rayuan pulau kelapa “Eh..maaf mbak Syantik, boleh saya pinjam hp?… hp saya ketinggalan” “Oh,..silahkan Mas, ini i-phone saya dikirimi suami, gaktahu seri berapa” wow!…saya ge-er dipanggil ‘mas’.. ini pasti gegara saya pakai sepatu sneaker kw spt sepatu Abah asli loh “Oooh..ini i-phone seri sebelas – duabelas”..saya jawab ngawur, duh. Hp i-phone saya buat buka CHD dan komen, tapi foto PP saya ndak ada!. ini kalau menurut Cak Dadi’ndukun pijet pasti dibilang ‘kuwalat’!…. Anu…daripada daripadanya saya semangkin kuwalat, saya ndak berani cerita…eh komen lagi.

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Seorang CEO  menelepon sekretarisnya yang juga selingkuhannya, Melly, dan mengatakan bahwa ia ingin melakukan perjalanan bersama akhir pekan ini untuk bersenang-senang. Melly, yang sudah menikah, menelepon suaminya, Hendrik, dan memberitahu bahwa dia ada perjalanan kerja ke luar kota. Jadi, tidak akan menghabiskan akhir pekan ini bersama sang suami. Hendrik mengerti dan sangat senang. Ia lalu menelepon pacarnya, Helen, dan memberitahu bahwa istrinya akan keluar kota akhir pekan ini. Jadi, mereka bisa menghabiskan waktu bersama. Helen, yang tak lain adalah istri CEO, juga senang. Maka, ia menelepon suaminya dan mengatakan bahwa dia tidak bisa menemani anak-anak mereka pada akhir pekan ini karena harus mengunjungi ibunya yang sedang sakit di kota lain. Bagi CEO, itu adalah kabar buruk. Ia pun menelepon sekretarisnya, Melly, untuk memberitahunya bahwa mereka tidak jadi pergi pada akhir pekan ini, karena ia harus mengasuh anak-anaknya. Melly sang sekretaris menelepon suaminya, Hendrik, dan menceritakan kabar pembatalan tersebut. Ia akan menemani sang suami di akhir pekan. Hendrik juga kemudian menelepon Helen untuk membatalkan kencan akhir pekan. Helen si istri CEO lalu menelepon suaminya dan memberitahu bahwa kunjungan ke rumah orangtuanya dibatalkan karena kesehatan ibunya sudah membaik. Jadi, akhir pekan ini dia bisa mengasuh anak-anak mereka. Kalau ada pekerjaan ke luar kota, silakan pergi. CEO menelepon lagi sekretarisnya….

Ferdy Holim

Ang Mo Kio = 宏茂橋 Jembatan Berlimpah Ruah, bukan 紅魔橋 Jembatan Iblis Merah. ????

Mirza Mirwan

“PM shelved pre-approval plans for immediate Iran reprisal after Biden call”. Itu adalah headline Times of Israel pagi ini. Itu artinya semua rencana serangan balik ke Iran yang diputuskan kabinet perang Israel Senin (15/4) kemarin itu dikesampingkan. Artinya Bibi masih mau mendengar kata-kata Biden. Artinya pula Biden sebenarnya takut pada Iran. Apa boleh buat, memang. AS punya pengalaman buruk dengan Iran: pendudukan kedutaan besar AS di Teheran selama hampir 15 bulan (tepatnya 444 hari). Itu gegara AS mendukung Shah Reza Pahlevi. Pun zaman Perang Teluk. Jadi AS takut kalau sampai Iran “tiwikrama”, kemarahannya benar-benar sudah mencapai puncaknya. Benar bahwa AS tak lagi punya hubungan diplomatik dengan Iran. Tapi AS tak bisa menutup mata bahwa Iran tetap tegak meski dihajar sangsi AS dan sekutunya. Pembekuan aset Iran di AS dan sekutunya tak membuat negara itu ambruk. Tetapi, waini, AS itu memabg “nganyelke”, njengkelin. Nun pembebasan sandera zaman kedutaan AS diduduki mahasiswa Iran dulu itu ada campur tangan PLO (baca: Yasser Arafat) di samping Aljazair. Tetapi giliran warga Palestina dibantai Israel, AS malah membantu persenjataan ke Israel senilai US$2,5 miliar — di antaranya 1800 bom MK-84 yang daya-rusaknya mencapai radius 300m per biji. Nganyelke ‘kan? AS membiarkan Israel melanggar Statuta Roma, dan terbaru resolusi DK-PBB. Sudah 33.899 warga Gaza tewas, sementara 76.664 orang terluka. Dan AS hanya sekadar menonton.

Baca Juga  Hakim MK Tanya Menko PMK "Penugasan Presiden: Cawe-cawe?

Agus Suryonegoro III – 阿古斯·苏约诺

DI SINGAPURA KARYAWAN BERHAK MENGAJUKAN WFH DAN WFA.. Pemerintah Singapura baru saja menerbitkan aturan baru yang mewajibkan seluruh PEEUSAHAAN PEMBERI KERJA untuk memberi akses bagi para karyawan yang ingin mengajukan permintaan resmi terkait ATURAN KERJA FLEKSIBEL. Termasuk di dalamnya.. 1). Work From Home WFH). 2). Work From Anywhere (WFA). Aturan ini berlaku mulai Desember 2024 mendatang. Meski karyawan berhak MINTA. Tetapi PEMBERI KERJA punya hak PREROGATIF untuk MENOLAK. Tetapi alasannya harus JELAS. Nanti pasti ada yang TANYA. Bisa gak kerja di Singapura, rate gaji Singapura, tapi kerjanya di INDONESIA. ### Kalau tanya ke saya, jawaban saya adalah: Ya boleh. Tapi TARGET, ETOS DAN SIKAP KERJA tetap ala Singapura.. Termasuk SANKSI-SANKSI nya. (Enak aja lu.. He he..)

Mbah Mars

INTERNEZZO Menuk : “Hidup kita kok susah begini. Tidak punya apa-apa. Kenapa dulu tidak bilang-bilang kalau miskin ?” Bolkin: “Siapa bilang ? Dulu sebelum nikah berkali-kali aku sampaikan KAMULAH HARTAKU SATU-SATUNYA. Kamu malah bilang SO SWEET”

thamrindahlan

Pantun Singapura Hujan di Singapura baju kami basah/ Demam mendera karena tak biasa/ Bagi Singapura tak ada yang susah/ Pekerja profesional hasil luar biasa/ Wisata ke Singapura tak perlu visa/ Negara tetangga makmur sejahtera/ Jangan tunda besok apalagi lusa/ Kerjakan sekarang sebelum lupa/ Gaya hidup warga Singapura/ Akhir tahun wisata manca negara/ Kapan negeriku makmur sejahtersa/ Nilai tujuh puluh seperti Singapura/ Salamsalaman

Muh Nursalim

Gus Dur saat jadi presiden mengangkat Lee Kuan Yew menjadi penasehat ekonomi. Aneh-aneh aja Gus Dur itu. Tapi loncatan itu bagus. Seandainya mantan PM Singapura itu serius mbantu Gus Dur. Faktanya kayaknya ndak begitu. Mana mungkin “suami” tetangga dipijam untuk dijadikan “pejantan”.

Juve Zhang

Rudal Iran jadi perbincangan di dunia maya…kemampuan nya dua jempol….jenius jenius Iran hebat….tentu Tiongkok bantu juga…Ammonium Prochlerat …AP…bahan baku utama rudal…Tiongkok diam diam suplai…biasanya via Hongkong…jual beli swasta yg urus….bukan BUMN….resiko di sangsi….swasta yg berani saja yg mau jual beli.AP…cuan gede….wkwkwk…makanya Israel kecewa Tiongkok gak mengecam serangan Rudal Iran ….kata Israel….entah lah merembet ke Mana mana ini rudal….Hongkong tempat aman bagi traksaksi “panas” dari zaman dulu….

Everyday Mandarin

Saya jadi teringat nenek saya dulu kalau menyebut rambutan jadi ang mo tan (红毛丹), artinya buah rambut merah. Di Singapore kini, daerah Ang Mo Kio ditulis sebagai 宏茂桥, sama sekali tidak ada hubungan dengan rambut merah. Sudah berubah dari sejarah asalnya yang seharusnya 红毛桥 (Ang Mo Kio), Jembatan Si Rambut Merah. Rambut Merah di sini merujuk ke orang bule yang dulu di sana berbulu merah. Anda² yg bisa berbahasa Hokkian, hrsnya bisa langsung mengerti kalau Ang Mo Kio memang artinya Jembatan Si Rambut Merah. Namanya diubah oleh Singapore tahun 1970-an karena arti aslinya agak sarkas.

Jimmy Marta

Dipicu oleh gempa M6,4 pulau Doi di Malut, Gunung Ruang (725 mdpl), sejak selasa erupsi nya meningkat. Ada potensi terjadinya tsunami. Statusnya nya naik ke level IV, awas. Mungkin sebagian ada yg keliru tentang gunung ini. Namanya mirip dg gunung Raung. Ruang di kab Sitaro Sulut. Raung di Banyuwangi, Jatim. Raung di darat. Ruang dilaut, gunung berapi berbentuk pulau. Kalau anda naik kapal dari Manado menuju Sangihe dan Talaud, biasanya singgah sejenak di Tagulandang. Nah dari pelabuhan Tagulandang, hanya sepelamparan batu sebelah baratnya gunung ruang tegak perkasa. Jika hari hari ini warga tagulandang diwajibkan evskuasi, sy jd ingat suasana nya. Sitaro yg kepulauan. Dua pulau dari gunung api aktif, karangetan dan ruang. Ombak besar dikala musim angin barat. Harga2 kebutuhan yg melonjak, karena berminggu2 tak ada kapal yg merapat. Hanya doa untuk saudara kita yg disana. Semoga Yang Maha Kuasa melindungi semuanya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *