Peta Elektoral di Pulau Jawa Masih Kompetitif, Dua Faktor Ini Penyebabnya

Asuransi152 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Peta elektoral pasangan capres-cawapres 2024 di Pulau Jawa masih kompetitif. Sebab, masih terpengaruh oleh pilihan swing voters atau pemilih bimbang. Serta tingkat keterpilihan tiga pasangan calon presiden – calon wakil presiden (capres-cawapres) belum terlalu tinggi.

Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis temuan survei terbaru. Kali ini survei digelar di Pulau Jawa (Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur).

“Paling tidak ada dua alasan mengapa peta elektoral di Pulau Jawa masih dinamis,” kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rif’an di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Survei yang digelar pada 28 November-5 Desember 2023 itu menyebutkan, elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (34,2 persen), Ganjar Pranowo-Mahfud MD (30,7 persen), dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (26,3 persen, sementara yang tidak tahu/tidak jawab 8,7 persen.

“Pertama karena antara satu paslon dengan paslon lainnya jarak intervalnya tidak terlalu jauh. Kedua undecided voters masih 8,7 persen, dan swing voters masing sangat tinggi 44,0 persen,” ujar Ali Rif’an.

Menurutnya, pergeseran elektabilitas akan sangat dipengaruhi program kerja kandidat. Hal itu mengingat dalam temuan survei, program kerja dinilai publik menjadi variabel yang sangat mempengaruhi pilihan pemilih.

“Terkait faktor yang paling berpengaruh dalam memilih presiden: program kerja (30,7 persen) dinilai publik paling mempengaruhi,” bebernya.

Survei itu dilakukan secara tatap muka di Pulau Jawa, dengan metode penarikan sampel multistage random sampling. Jumlah sampel 1200 responden, margin of error (MoE) adalah +/- 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (dan)

Quoted From Many Source

Baca Juga  HSP ke-95 Jadi Momentum Bangun Kolaborasi Antargenerasi, Ini Pesan Sekjen Kemendikbudristek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *