Setahun Pascakecelakaan Fiber Optik, Sultan Rifat Tak Dapat Perhatian dari Bali Tower

Asuransi128 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Seorang mahasiswa Sultan Rifat Alfatih telah menjadi korban jeratan kabel fiber optik yang tepat setahun lalu pada 5 Januari 2023.

Kondisinya mulai pulih setelah menjalani serangkaian pengobatan dan perawatan di Rumah Sakit Fatmawati, RSCM, dan RS Polri Kramajati. Meski harus dengan keterbatasan.

Sultan akhirnya dinyatakan sehat oleh tim dokter RS Polri Kramajati sejak 12 Desember 2023. Kini bisa beraktivitas secara normal, meski harus bernafas lewat lubang buatan di lehernya.

Ayah Sultan Rifat Al-Fatih, Fatih Nurul Huda mengemukakan, anaknya kehilangan kemampuan berbicara normal karena pita suaranya telah diangkat serta tidak memiliki fungsi penciuman lagi.

Setelah melewati proses pengobatan panjang dan sangat melelahkan di beberapa rumah sakit, Sultan akhirnya harus merelakan pita suara, jakun, dan saluran napas di rongga mulutnya diangkat tim dokter RS Polri Kramajati.

“Anak saya mengalami kerusakan parah pada tulang tenggorokannya akibat jeratan kabel FO di leher, yang menyebabkan terputusnya saluran makan dan napas, serta kerusakan pada pita suara,” kata Fatih dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Pihak keluarga bersyukur, pada awal Agustus 2023 Sultan mendapatkan atensi khusus dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk dirawat di RS Polri Kramajati.

Lebih dari 40 dokter spesialis dari RSCM, UI, RSUP Fatmawati, dan RS Polri Kramajati ditugaskan langsung oleh Kapolri untuk merawat dan mengobati Sultan.

Serangkaian operasi dan prosedur medis dilakukan, termasuk Endoskopi, Flouroskopi, Bronkoskopi, Medialisasi, Dilatasi, dan akhirnya Total Laringtomi (pengangkatan pita suara). Setelah menjalani perawatan intensif selama 117 hari, akhirnya Sultan dinyatakan sehat dan diizinkan pulang.

Sejauh ini, PT. Bali Towerindo Sentra, Tbk (Bali Tower) selaku pemilik kabel tidak memberikan bantuan atau dukungan apapun kepada Sultan.

Baca Juga  Pengguna QRIS di Jakarta Naik, Jaksel Miliki Pangsa Transaksi Tertinggi

“Kondisi yang dialami Sultan betul-betul menjadi peringatan tentang pentingnya keselamatan infrastruktur untuk mencegah insiden serupa terjadi pada orang lain di masa mendatang,” ujarnya. (dan)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *