7 Usaha Modal Kecil, Jasa Titip hingga Jasa Desain

Berita309 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – Banyak jalan menuju Roma. Pepatah itu bermakna untuk mencapai suatu tujuan, jangan terpaku pada satu cara. Jika Anda berencana menjadi pengusaha tapi modal masih minim, mulailah dari usaha modal kecil, tapi bisa bercuan besar sesuai ikhtiar dan perencanaan kamu. Di zaman serba digital ini, tanpa keluar biaya, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial dan aplikasi percakapan sebagai wadah promo usaha. Berikut ini beberapa ide usaha modal kecil yang bisa Anda pilih.

Ide Usaha Modal Kecil

1. Bimbingan Belajar

Ide usaha modal kecil yang pertama adalah bimbingan belajar. Jika Anda jago dalam bidang khusus seperti bahas inggris, matematika, kimia, dan lain sebagainya, Anda bisa membuka bisnis ini. Untuk mengawalinya mungkin Anda bisa membuka bimbingan belajar di rumah Anda sendiri atau sebagai guru privat.

2. Jasa Desain

Jika Anda adalah orang yang jago desain, cobalah untuk memberanikan diri untuk menerima jasa desain. Anda bisa memanfaatkan platform media sosial Anda untuk mempromosikan hasil desain Anda. Bangun portofolio Anda dengan baik, maka pelanggan akan percaya dengan kinerja Anda sebagai desainer. 

3. Jasa Fotografi

Jasa fotografi saat ini sedang marak dan sangat dibutuhkan ketika ada acara-acara, seperti pernikahan, wisuda, perpisahan sekolah, ataupun acara lainnya. 

Apabila tidak memiliki kamera yang memadai, Anda bisa memulainya dengan menyewa kamera terlebih dahulu. Menyewa kamera satu hari umumnya seharga Rp200-300 ribuan. Atau juga memakai ponsel pintar sembari belajar teknik-teknik fotografi yang oke lewat ponsel lewat riset di internet.

Lalu, jika Anda sudah mendapatkan keuntungan dan memiliki modal yang cukup, maka Anda bisa membeli kamera sendiri.

4. Jasa Titip 

Anda senang jalan-jalan? Ide usaha modal kecil ini mungkin akan cocok buat Anda. Jasa titip atau sering dikenal dengan istilah jastip adalah menawarkan jasa kepada konsumen untuk membeli barang yang Anda tawarkan ketika berkunjung ke suatu tempat. 

Namun, dalam jastip ini Anda baru bisa mengadakan barangnya saat konsumen mengirimkan sejumlah uang kepada Anda untuk membeli barangnya. 

Biasanya barang-barang yang ditawarkan adalah oleh-oleh, barang-barang dengan harga diskon, atau barang yang langka di tempat konsumen tinggal.

5. Menjadi Reseller

Mungkin Anda pernah mendengar istilah reseller. Sederhananya, reseller adalah orang yang menjual kembali produk orang lain dengan mengambil keuntungan beberapa persen dari harga jual aslinya. 

Dengan menjadi reseller Anda tidak perlu pusing mengenai modal produksi. Anda hanya perlu memikirkan promosi penjualan dan mengirimkannya pada pembeli.

6. Menjual Aneka Makanan Ringan

Ide bisnis modal kecil yang selanjutnya adalah menjual aneka makanan ringan. Makanan ringan banyak digemari masyarakat pada umumnya sebagai kudapan atau pendamping makanan utama. 

Adapun contoh makanan ringan yang bisa Anda jadikan referensi untuk usaha Anda, yaitu:

  • Segala jenis keripik: pisang, tempe, singkong, kentang, dan lain sebagainya
  • Usus atau kulit krispi
  • Cireng
  • Basreng kering

7. Aksesori Manik-Manik

Aksesori manik-manik dengan model lucu sekarang cukup populer. Jika Anda seorang yang kreatif, Anda bisa membuka usaha manik-manik ini dengan modal kecil.

Beberapa aksesori yang diminati seperti gelang, cincin, kalung, dan juga lanyard. Sebaiknya foto produk dengan bagus dan lucu agar banyak orang yang tertarik membeli. 

Itulah sederet ide usaha modal kecil yang bisa dipilih. Semoga bermanfaat. 

Pilihan Editor: Kisah Sukses Bisnis Jastip, Untung Sampai 1.400 Persen

DIAN RAHMAWAN | LAILI IRA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Quoted From Many Source

Baca Juga  Heboh Penemuan Tempat Teater Pembacaan Puisi Para Kaisar Romawi Kuno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *