8 Jenis Ikan Koi Populer yang Digemari Pecinta Ikan Hias

Berita281 Dilihat

Kamis, 20 Juli 2023 – 15:58 WIB

Jakarta – Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang sangat digemari banyak kalangan, selain warnanya yang mencolok, ikan ini digemari juga karena dianggap dapat membawa keberutungan bagi si pemilik.

Baca Juga :

Ini Dia 3 Orang di Muka Bumi yang Bebas Paspor atau Visa Jika Mau ke Luar Negeri

Di masyarakat, seringkali ikan koi dianggap varian dari ikan mas, padahal secara genetik keduanya tidak sama. Ikan Koi adalah jenis ikan yang termasuk cyprinus rubrofuscus sementara ikan mas termasuk cyprinus carpio.

Jenis ikan koi dibedakan tergantung dari warna, pola, dan ukurannya. Beberapa unsur warna yang kerap dijumpai adalah putih, hitam, merah, kuning dan krem.

Baca Juga :

Pecinta Kuliner Wajib Hadir, Festival Rame-Rame Tangerang Suguhkan Streetfood Autentik 3 Negara

Lantas, apa saja jenis-jenis ikan koi?

Baca Juga :

Heboh Selebaran ‘Ibu Hamil Senangkan Suami’, Kota di Jepang Dihujat

 Berikut informasi selengkapnya, dilansir dari sejumlah sumber Kamis, 20 Juli 2023.

1. Koi Chagoi (Rp200 ribu)

Chagoi merupakan jenis ikan koi dengan harga paling murah di pasaran. Koi Chagoi tidak memiliki corak, ciri khas koi jenis ini memiliki perpaduan warna abu-abu dilapisi warna kuning keemasan, hampir menyerupai warna cokelat.

2. Koi Sanke (Rp250 ribu)

Sanke merupakan jenis ikan koi yang memiliki paling banyak penggemar di Indonesia, selain harganya tidak terlalu mahal, corak koi jenis ini juga terbilang indah dan cerah dipandang. Sanke memiliki ciri warna yang tajam, sirip berwarna putih, corak hitam atau sumi.

3. Koi Ochiba (Rp250 ribu)

Ikan koi Ochiba

Ikan koi ochiba shigure memiliki ciri khas warna dasar putih yang pucat, dipadukan dengan corak berwarna jingga pucat atau cokelat tembaga.

Baca Juga  Penyanyi Jazz Cici Sumiati Meninggal saat Manggung di Bandung, Atiek CB Berduka

4. Koi Kohaku (Rp500 ribu)

Ikan Koi Kohaku

Kohaku juga merupakan jenis koi yang sangat disukai banyak orang. Koi jenis ini memiliki ciri tubuh putih, dengan tanda merah menyala di beberapa bagian tubuhnya. Ini dianggap sebagai salah satu varietas ‘tiga besar’ Koi, bersama dengan Sanke dan Showa.

5. Koi Tancho (Rp700 ribu)

Ikan Koi Tancho

Tancho merupakan jenis koi yang memiliki tubuh putih keperakan. Ikan jenis ini terlihat sangat minimalis dengan corak bulat berwarna merah terang pada bagian kepala.

6. Koi Shiro Utsuri (Rp700 ribu)

Ikan Koi Shiro Utsuri

Koi Shiro Utsuri adalah koi yang memiliki warna hitam putih. Berbeda dengan sudara nya jenis Shiro Bekko, Koi Shiro Utsuri memiliki sebaran warna hitam sampai ke daerah kepala, sementara Shiro Bekko tidak.

7. Koi Showa (Rp1 juta)

Ikan koi Showa

Showa adalah jenis ikan koi hias. Showa juga dikenal sebagai Showa Sanshoku. Showa memiliki tubuh hitam, dengan tanda merah dan putih di seluruh tubuh. Showa adalah salah satu jenis ‘Tiga Besar’, bersama terdiri dari Kohaku dan Sanke. Showa awalnya dikembangkan oleh Jukichi Hoshino sekitar tahun 1927.

8. Koi Slayer (Rp1,5 juta)

ikan koi Slayer

Salah satu jenis ikan koi yang terbilang cukup diminati para kolektor ikan hias adalah koi slayer. Ikan ini memiliki keunggulan berupa bentuk badan yang indah dan warna yang sangat beragam. Koi jenis ini memiliki ciri sirip yang panjang menyerupai kain.

Ilustrasi travelling dengan menggunakan koper

Asyiknya Travelling ke Jepang Super Ngirit dan Nyaman, Dapat Cashback Rp4 Juta

Jepang menjadi salah satu negara favorit wisatawan untuk travelling. Buat pergi ke sana, bisa ngirit. Buat nasabah HSBC premier bisa dapat cashback Rp4 juta.

img_title

VIVA.co.id

3 Agustus 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *