Daftar Buku Agama Islam di MTs dan MA yang Diduga Menyimpang, Ini Rinciannya

Berita273 Dilihat

Senin, 7 Agustus 2023 – 11:41 WIB

Sampang – Sejumlah buku Fiqih dan Aqidah Akhlak, untuk mata pelajaran tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA) ditemukan oleh Lembaga Dakwah MWC NU Kedungdung Kabupaten Sampang, terdapat kesalahan, menyimpang dari ajaran Ahlusunnah Waljamaah.

Baca Juga :

Viral Santriwati Keluhkan Nasi Basi di Pesantren UIN Semarang, Wakil Rektor Buka Suara

Temuan penyimpangan, tersebut diketahui setelah dilakukan proses kajian buku Fiqih dan Aqidah Akhlak sejak tahun 2021 lalu yang tersebar di sekolah MTs dan MA.

Di antara kurikulum yang diduga terdapat kesalahan dan menyimpang, buku yang diterbitkan oleh Erlangga diketahui 24 kesalahan, buku terbitan Kemenag RI dengan 18 kesalahan, kemudian terbitan Kemendikbud RI ada 13 kesalahan, dan dalam buku penerbit Tiga Serangkai ditemukan 13 kesalahan.

Baca Juga :

Membanggakan, Paduan Suara El-Shaddai USU Sabet Gold dan Silver di Kompetisi Internasional di Jepang

Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif PC NU Sampang, H Malik mengungkapkan, kajian itu dilakukan setelah ada laporan sekitar kurang lebih 50 temuan tentang buku ajar fiqih di madrasah. Atas dasar kesalahan tersebut, pihaknya akan melakukan beberapa langkah, salah satunya berkoordinasi dengan PCNU Sampang bahwa temuan ini sudah dikaji.

“Termasuk akan melaporkan ke pihak terkait, dalam hal ini Kemenag RI, Kemendikbud, Erlangga dan pihak penerbit buku tersebut. Tuntutan kami ini agar kesalahan dari kajian itu secepatnya diperbaiki, karena ini adalah konsumsi umat. Jadi kalau salah dalam anjuran beribadah, maka akibatnya sangat fatal,” ucap data rilisnya Sabtu 4 Agustus 2023.

Baca Juga :

Pecah Rekor MURI, 200 Mahasiswa UMSU Berpartisipasi Tarian Massal Adira Festival

Lanjutnya, Maka dari itu, pihaknya mendorong Kemenag RI dan Kemendikbud secepatnya melakukan koordinasi dengan pihak penerbit buku. “Jika buku-buku itu tidak segera ditarik secara keseluruhan, pihaknya khawatir, buku yang sama itu diterbitkan lagi pada tahun ajaran yang akan datang,” terangnya.

Baca Juga  Barcelona dan PSG Negosiasikan Nilai Transfer Ousmane Dembele

Halaman Selanjutnya

Ia mengatakan, dalam waktu dekat, LP Ma’arif bersama pengurus NU Sampang segera akan menemui Kepala Kemenag setempat bersama tim peneliti, untuk menyampaikan temuan kajian ini baik secara formal maupun non formal. “Kami akan sampaikan semua temuan ini, agar segara ditindaklanjuti dan menarik semua buku ajar fiqih yang keliru,” pungkasnya. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *