Jimat Itu Syirik? Buya Yahya Jelaskan Jimat yang Diperbolehkan dalam Islam

Berita235 Dilihat

Selasa, 15 Agustus 2023 – 00:31 WIB

VIVA – Jimat merupakan benda atau tulisan dengan kepercayaan untuk memberikan perlindungan atau keberuntungan, memiliki sejarah panjang dalam budaya dan agama. Namun, benarkah jimat itu dikatakan sebagai syirik kepada Allah? Dalam Islam sendiri, jimat dikatakan syirik apabila mempercayai bahwa di dalamnya memiliki kekuatan. 

Baca Juga :

Rachel Vennya Tetap Shalat Meski Minum Alkohol, Warganet: Ibadahnya Diterima?

Membahas jimat, Buya Yahya sebagai salah satu ulama kenamaan di Tanah Air menjelaskan tentang hukum jimat dalam Islam. Dikatakan oleh Buya bahwasanya jimat itu sebenarnya adalah mengambil berkah dari ayat-ayat Al-Quran. Akan tetapi, jika meyakini ada kekuatan trsendiri di baliknya maka itu termasuk dalam syirik. 

Baca Juga :

Terjadi Lagi, Warga Irak Bakar Al Quran dan Teriakkan Slogan Anti Islam

“Jimat itu sebenarnya karena mengambil berkah dari ayat-ayat Al-Quran. Tapi kalo sudah meyakini bahwasanya dalam dirinya ada kekuatan menjadi syirik,” kata Buya Yahya yang dikutip dari YouTube Al-Bahjah TV pada Senin, 14 Agustus 2023. 

Dijelaskan oleh Buya bahwa istilah jimat muncul pada zaman Syaidin Abdul bin Umar yang dipakaikan pada anak-anak. Namun, jimat itu mengambil keberkahan dari ayat-ayat Al-Quran sebagai pelindung untuk anak-anak. 

Baca Juga :

Jambi Siap Gelar STQH Nasional XXVII Tahun 2023

Ceramah Buya Yahya (YouTube/Al-Bahjah TV)

Ceramah Buya Yahya (YouTube/Al-Bahjah TV)

Hal itu lantaran anak-anak yang dianggap belum bisa membaca ayat-ayat Al-Quran sehingga ditempel atau digantungkan di dekat mereka. Tapi, bukan meyakini bahwa ada kekuatan sendiri di dalamnya. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *