Kemendikbudristek Lakukan Upaya Ini untuk Perkuat Sistem Pendidikan di Indonesia

Berita289 Dilihat

Kamis, 17 Agustus 2023 – 20:55 WIB

VIVA Edukasi – Penguatan sistem pendidikan di Indonesia terus ditingkatkan. Salah satu upayanya dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang menggandeng Yayasan Bakti Barito melalui Yayasan Bakti Pendidikan Unggul (YBPU). 

Baca Juga :

Guru Perempuan di Bully Puluhan Murid Saat Mau Pulang Sekolah, Kunci Motor Diambil

Keduanya menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) selama 3 tahun. Kesepakatan ini menjadi dasar bagi kedua belah pihak untuk menguatkan sistem pendidikan di Indonesia. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat terbangun kemitraan yang lebih erat antara kedua belah pihak guna mendukung prioritas pendidikan nasional.

Tujuan utama MoU ini adalah untuk meningkatkan upaya bersama dalam memperkuat kompetensi berbagai ujung tombak pendidikan seperti pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru yang merupakan agen transformasi dalam sistem pendidikan di Indonesia. Penguatan kompetensi ini, diharapkan dapat mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :

Peringati HUT RI ke-78, PKB: Indonesia Lahir dari Darah Santri dan Kiai

Inisiatif ini mendorong tumbuhnya komunitas praktisi dalam lingkup sekolah, kelompok kerja guru, kelompok kerja kepala sekolah, dan kelompok kerja pengawas sekolah. Sehingga keberadaannya bisa menjadi wadah untuk melakukan refleksi, meningkatkan kompetensi, dan merencanakan perbaikan secara rutin. 

Baca Juga :

Tiga Pimpinan RS Pemerintah Disanksi atas Kejadian Perundungan, Izin Praktiknya Akan Dievaluasi

Dengan memberikan mereka keterampilan dan pengetahuan yang inovatif serta menciptakan lingkungan yang kondusif untuk berbagi dengan rekan sejawat dalam komunitas praktisi tersebut, mereka dapat menginspirasi dan menumbuhkan semangat belajar sepanjang hayat dalam diri mereka dan pada akhirnya pada peserta didik. 

Harapannya, para peserta didik menjadi individu yang memiliki nilai-nilai Pancasila dan memiliki rasa cinta terhadap belajar, sehingga lebih siap menghadapi tantangan dan perubahan zaman. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *