Mahasiswa Komunikasi UMM Luncurkan 14 Karya Portal Berita

Berita293 Dilihat

Kamis, 13 Juli 2023 – 19:57 WIB

Malang – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil membuat 14 website berita dalam waktu kurang dari 60 hari. Tak hanya itu, dari semua portal berita itu, sudah terisi lebih 2.100 karya berita. 

Baca Juga :

Firli Bahuri Bocorkan Strategi KPK Cegah Korupsi ke Mahasiswa

“Dengan karya-karya mahasiswa seperti ini, saya semakin yakin bahwa Komunikasi UMM ini memang prodi yang layak diunggulkan,” kata Wakil Rektor I, Prof. Dr. Syamsul Arifin, MSi sesaat sebelum melakukan peluncuran website di Rayz Hotel UMM, Rabu 12 Juli 2023. 

“Anak saya juga alumni Komunikasi. Sebelum masuk, dia telah melakukan studi banding ke berbagai kampus, dan pilihannya jatuh pada UMM,” lanjutnya.

Baca Juga :

Kolaborasi Pena Mas Ganjar dan Mahasiswa Afirmasi Gelar Fun Futsal di Semarang

Peluncuran ditandai dengan pemencetan tombol di sebuah tab. Layar monitor berukuran besar langsung menampilkan video bumper profil 14 karya mahasiswa. Selain WR 1, hadir mendampingi Dekan FISIP, Prof. Dr. Muslimin Mahmud, M.Si, Ketua Prodi Komunikasi Nasrullah, serta kepala Laboratorium Komunikasi, Widiya Yutanti. 

Dalam sambutannya, Dekan berharap karya-karya mahasiswa ini dapat dirawat untuk diteruskan menjadi bisnis dan karir ke depan. “Ada yang mengatakan bahwa anak muda sekarang adalah useless generation, maka dengan karya-karya ini mahasiswa sudah membantahnya dengan kreativitas ini,” ujar Muslimin.

Baca Juga :

Gelar Kunjungan, Bea Cukai Edukasi Hal Ini ke Pelajar hingga Pelaku UMKM

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Proses kreatif praktikum berlansung sejak April lalu. Dituturkan Nasrullah, praktikum diawali dengan riset pasar dan benchmarking media online. Mahasiswa lalu membuat proposal karya untuk dipresentasikan. Proposal yang disetujui kemudian dilanjutkan dengan produksi website dan mengisinya dengan liputan-liputan berita. Praktis proses produksi dilakukan kurang dari 60 hari.

Baca Juga  Fakta-Fakta Gua Hira, Gua yang Baru-Baru Ini Divandalisme Tulisan Depok

Halaman Selanjutnya

“Ini adalah capaian yang melampaui target. Semula hanya direncanakan 10 portal dan seribu berita saja,” kata Nasrullah yang juga dosen pengampu Praktikum Jurnalistik Online. Praktikum ini juga melibatkan dosen praktisi yang juga alumni Komunikasi UMM, Pemimpin Redaksi jawapos.com Dhimas Ginanjar.   Kepala Laboratorium Komunikasi UMM, Widiya Yutanti menjelaskan mata kuliah praktikum di prodinya memang harus menghasilkan luaran karya yang monumental. Komunikasi yang memiliki tiga peminatan, yakni Public Relations, Komunikasi Audio Visual dan Jurnalistik, itu memiliki sembilan mata kuliah praktikum. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *