Melihat Ekonomi Masyarakat, Universitas Syiah Kuala Turunkan Biaya Kuliah Mahasiswa Baru

Berita302 Dilihat

Senin, 14 Agustus 2023 – 08:49 WIB

Aceh – Kabar menggembirakan datang dari Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. Pasalnya, kampus ini menurunkan Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) khusus bagi mahasiswa baru dengan besaran 5 hingga– 31 persen.

Baca Juga :

Sedikitnya 18 Tewas Akibat Tanah Longsor di Himalaya India

“Kebijakan USK untuk mengurangi biaya UKTB ini diambil karena melihat kondisi perekonomian masyarakat yang masih pemulihan pascapandemi COVID-19, khususnya di Aceh maupun nasional,” kata Rektor Prof Marwan di Banda Aceh dilansir Antara, Minggu 13 Agustus 2023.

Ia menjelaskan penurunan besaran UKTB tersebut sesuai dengan Keputusan Rektor USK No 1016/UN11/KPT/2023, tentang Penetapan Besaran Biaya UKTB untuk mahasiswa baru Strata 1 (S1) tahun 2023.

Baca Juga :

Indonesia Kecam Pembakaran Al Quran di Depan KBRI Kopenhagen

Adapun mahasiswa baru yang dimaksud adalah seluruh mahasiswa baru USK yang diterima pada tiga jalur seleksi yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Mandiri tahun 2023.

Ia mengatakan kebijakan penurunan UKTB tersebut juga bagian dari respon USK terhadap perekonomian masyarakat saat ini dan kesempatan pendidikan tinggi harus dilanjutkan bagi seluruh anak bangsa.

Baca Juga :

Yayasan Alumni IPB Gelontorkan 3 Miliar Rupiah untuk Beasiswa IPB

“Kita memahami, kondisi ekonomi masyarakat sedang tidak mudah. Jadi inilah bentuk dukungan USK agar anak-anak kita tetap dapat melanjutkan pendidikannya,” kata Rektor.

Halaman Selanjutnya

Adapun besaran persentase penurunan UKTB masing-masing untuk UKTB Program Studi (Prodi) Kedokteran yang tahun sebelumnya (2022) maksimal Rp26.350.000 menjadi maksimal Rp21.000.000 dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) yang sebelumnya maksimal Rp26.350.000 menjadi Rp18.000.000.



Quoted From Many Source

Baca Juga  KLHK Awasi Pembangkit Listrik Imbas Polusi Udara, Gimana Caranya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *