Menpora: Piala Dunia U-17 2023 Kemungkinan Bakal Digelar Terpusat di Pulau Jawa

Berita314 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia kemungkinan hanya akan digelar di Pulau Jawa. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memprediksi bahwa Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Palembang dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali tidak menjadi arena pertandingan turnamen sepak bola dunia junior dua tahunan tersebut.

Saat ditanya soal Stadion Jakabaring dan Stadion Kapten I Wayan Dipta tidak masuk dalam daftar arena Piala Dunia U-17 2023 di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 31 Juli 2023, Dito hanya menjawab, “Kayaknya, iya (Stadion Jakabaraing dan Stadion Kapten I Wayan Dipta tidak masuk).”

Saat ini, FIFA tengah berkunjung ke Indonesia untuk melakukan inspeksi stadion Piala Dunia U-17 2023. Delegasi FIFA dan PSSI hanya berkunjung ke empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya.

Kunjungan pertama ke Jakarta sudah dilakukan pada Sabtu, 29 Juli 2023. FIFA, bersama Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria, mendatangi stadion akarta International Stadium. Dalam kunjungannya, FIFA fokus mengecek tiga aspek, yakni kualitas staddion, pitch management termasuk jenis dan kondisi rumput, serta segala urusan team services seperti akomodasi untuk tim peserta.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir, sebelumnya, mengungkapkan bahwa federasi ingin berfokus melihat potensi stadion-stadion yang ada di Pulau Jawa terlebih dahulu. “Dari penjelasan Pak Ketua Umum PSSI, sementara (mereka) ingin melihat potensi stadion yang ada di Jawa dulu karena melihat dari segi logistik dan transportasinya,” ucap Dito yang juga politikus Partai Golkar tersebut.

Iklan

Perwakilan delegasi FIFA meninjau Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, 23 Maret 2023. ANTARA/Nova Wahyudi

Baca Juga  Kemendikbudristek Lakukan Upaya Ini untuk Perkuat Sistem Pendidikan di Indonesia

Menteri berusia 32 tahun itu mengungkapkan FIFA masih akan terus melakukan inspeksi hingga Rabu, 2 Agustus. Setelah Jakarta, federasi sepak bola dunia itu telah mengunjungi Bandung pada Minggu, 30 Juli, dan akan berlanjut ke Solo pada Selasa, 1 Agustus 2023. “Setelah kunjungan dan visitnya di seluruh stadion, mereka akan membuat ulasan dan key point apa saja yang sekiranya perlu disempurnakan dari stadion tersebut,” tutur Dito.

Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember 2023. Undian grup ajang dua tahunan tersebut diperkirakan bakal digelar pada Agustus 2023 di Jakarta.

Pilihan Editor: Manchester United Kini Beralih ke Sofyan Amrabat setelah Capai Kesepakatan untuk Rasmus Hojlund



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *