Miris Jumlah SMP Negeri di Depok Hanya 34, Namun SMP Swasta 260 Sekolah

Berita256 Dilihat

Jumat, 14 Juli 2023 – 22:09 WIB

Depok – Tidak tertampungnya puluhan ribu siswa lulusan sekolah dasar (SD) ke Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Depok karena minimnya jumlah sekolah. Kondisi ini menyebabkan kerap terjadi keluhan dari orang tua murid yang ingin menyekolahkan anak di sekolah negeri di Depok. Persoalan ini rutin terjadi tiap tahun di Depok.

Baca Juga :

Komisi X DPR Pertimbangkan Bentuk Panja PPB Atasi Sengkarut PPDB

Diketahi bahwa tahun ini ada 24.000 siswa lulusan SD yang tidak tertampung di SMPN di Depok. Pasalnya hanya ada 34 SMPN di Depok. Sedangkan jumlah SMP swasta mencapai 260 sekolah. Tahun ini ada 34.134 siswa lulusan SD di Depok. Namun daya tampung SMPN hanya 9.664 siswa dengan 302 Rombongan Belajar (Rombel). Ini menyebabkan 24.470 siswa yang tidak tertampung di SMP negeri.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Depok, Ikravany Hilman mengatakan, penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Depok kerap bermasalah. Minimnya jumlah sekolah menjadi pemicu utamanya, sehingga banyak perebutan saat PPDB.

Baca Juga :

Fraksi PKS DPRD Sumut Dorong Kemendikbudristek Evaluasi PPDB Sistem Zonasi

“PPDB setiap tahun jadi masalah, pertama karena sekolah sedikit kemudian kedua persebarannya nggak imbang. Dalam sistem zonasi, persebaran jadi penting bukan cuman jumlah,” katanya, Jumat 14 Juli 2023.

Ikra sudah sering memberikan masukan pada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk menambah sekolah. Hanya saja pemkot justru menambah sekolah negeri di lokasi yang bukan prioritas.

Baca Juga :

Anggota DPR Desak Kemendikbud Kaji Ulang Kebijakan Zonasi PPDB

“Ditambah tujuh sekolah, itu pun tidak mempertimbangkan persebaran. Harusnya yang ditambah di kawasan Beji sama Cinere, ini malah yang ditambah di Sukmajaya dan Cimanggis,” ujarnya.

Baca Juga  10 Kampus Terluas di Indonesia, Ada yang Luasnya Nyaris 3x Lipat Kawasan GBK

Halaman Selanjutnya

Pemkot selalu beralasan keterbatasan lahan untuk membangun sekolah negeri. Inilah yang menjadi kendala Pemkot Depok jarang menambah sekolah negeri.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *