Perbaiki Kualitas Udara Jakarta, Heru Budi Bakal Bikin 23 Taman Baru Seluas 6,7 Hektare

Berita296 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan Pemprov DKI akan melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta dan mengurangi sumber polusi.

Pada saat ini DKI telah mengganti bus-bus yang menghasilkan polusi tinggi dengan yang lebih ramah lingkungan dan menerapkan kebijakan ganjil genap. Termasuk kebijakan disinsentif tarif parkir bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi, pendataan kawasan, serta perluasan dan optimalisasi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Meningkatnya polusi udara Jakarta dipengaruhi oleh berbagai sumber emisi yang menyebabkan polusi,” kata Heru Budi di Jakarta Pusat, Jumat, 11 Agustus 2023.

Menurutnya, sumber emisi yang dimaksud berasal dari sumber lokal, seperti transportasi dan residensial maupun sumber regional dari kawasan industri yang lokasinya dekat dengan Jakarta.

“Pemprov DKI terus berupaya untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta melalui berbagai program,” ujarnya.

Gencarkan Penanaman Pohon

Selain itu, Heru Budi mengatakan Pemprov DKI turut menggencarkan penanaman pohon yang dilakukan setiap Selasa atau Jumat. Terhitung sejak Oktober 2022 hingga Juli 2023, Dinas serta Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota telah menanam sebanyak 10.474 pohon dan akan terus bertambah.

Dia mengatakan jumlah penanaman pohon dan tanaman hias yang dilaksanakan oleh lima Wilayah Kota Administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu periode April-Juli 2023, yaitu sebanyak 55.345 pohon pelindung dan pohon produktif, serta 203.973 tanaman.

Bangun 23 Taman Baru di 2023

Pada 2023, kata dia, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta akan membangun 23 taman baru yang tersebar di lima wilayah Kota Administrasi dengan luasan mencapai 6,7 hektare.

Hal ini diharapkan dapat memberikan efek jangka panjang yang bermanfaat bagi udara dan lingkungan di Jakarta.

Baca Juga  Ganjar Pranowo Urges Tobacco Industry to Reduce Import, Prioritize Domestic Farmers

“Kondisi ini menjadi tantangan besar bagi kami di Pemprov DKI Jakarta. Oleh karena itu, program-program yang sudah berjalan akan terus ditingkatkan,” kata eks Wali Kota Jakarta Utara itu.

Selanjutnya warga diminta ikut membantu dengan naik kendaraan umum…



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *