Terkendala Biaya, 69 Persen Lulusan SMA di Jawa Timur Tak Lanjut ke Perguruan Tinggi

Berita282 Dilihat

Rabu, 2 Agustus 2023 – 23:11 WIB

MALANG – Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022, mengenai angka partisipasi kasar perguruan tinggi, sebanyak 69 persen lulusan sekolah menengah di Jawa Timur tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

Baca Juga :

Bos OJK Sebut Pertumbuhan Ekonomi RI Jadi Mimpi Indah Buat Sebagian Negara

Tantangan ekonomi masih merupakan kendala utama. Oleh karena itu, dalam rangka menyambut penerimaan Mahasiswa Baru 2023/2024, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, memperkuat kerja samanya dengan Danacita (PT Inclusive Finance Group), untuk bersama-sama meluncurkan program Cicilan 0% kepada seluruh calon mahasiswa baru.

Dengan adanya pilihan pembayaran bulanan tanpa biaya, mahasiswa dapat menempuh pendidikan tinggi di ITN Malang dengan lebih mudah dan nyaman. Program Cicilan 0% ini berasal dari komitmen yang sama dimiliki oleh ITN Malang dan Danacita untuk membantu memajukan bangsa dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. 

Baca Juga :

Terkesan Giring Opini Mahasiswa soal Capres, Bupati Banyumas Jadi Sorotan Bawaslu

“Institut Teknologi Nasional Malang sangat berkomitmen terhadap pengembangan teknologi terkini dan pengembangan karakter anak bangsa. Kami bekerjasama untuk memberikan solusi yang lebih ringan bagi mahasiswa yang berkomitmen melanjutkan kuliah namun mengalami kesulitan biaya,” ujar Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D selaku Rektor Institut Teknologi Nasional Malang, dalam keterangannya, dikutip Rabu 2 Agustus 2023. 

Baca Juga :

Berkali-kali Diperkosa Ayah Kandung, Siswi SMA di Gowa Pingsan saat Melapor ke Polisi

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat mempermudah calon mahasiswa ITN Malang untuk mewujudkan pendidikan impian melalui pilihan pembayaran kuliah yang terjangkau. Kini, calon mahasiswa ITN Malang dapat membayar biaya DPP mereka secara bulanan dengan pilihan pembayaran yang lebih panjang mulai dari 6 hingga 12 bulan tanpa dikenakan biaya apapun. 

Baca Juga  Viral Mahasiswa Baru UIN Diminta Daftar Pinjol saat PBAK, Rektor Buka Suara

Direktur Utama Danacita, Alfonsus Wibowo, juga mengungkapkan, melalui kerja sama ini, kolaborasi akan diperkuat dalam memenuhi kebutuhan pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat. 

Halaman Selanjutnya

“Selain itu, sebagai bentuk perwujudan kepedulian terhadap pengembangan mahasiswa, kami juga sering menghadirkan berbagai program seminar, workshop, dan pelatihan bersama kepada para mahasiswa ITN Malang tanpa berbayar,” kata dia. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *