Waduh, Ditemukan 89 Dugaan Pemalsuan KK saat PPDB di Jawa Barat

Berita251 Dilihat

Jumat, 4 Agustus 2023 – 09:10 WIB

Jawa Barat –  Terungkap, ada 89 temuan dugaan pemalsuan kartu keluarga (KK) peserta didik dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023. Hal ini diungkapkan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar). 

Baca Juga :

Pajak Natura Resmi Berlaku, Kepatuhan Sukarela WP Terus Didorong

“Tim Pemprov Jabar mencoba mengkaji 89 kasus diduga dokumen tidak asli. Mudah-mudahan dalam beberapa waktu ke depan, bisa meyakini data tersebut palsu atau sebetulnya asli,” kata Kepala Disdik Provinsi Jabar, Wahyu Mijaya di Kota Bandung, Kamis 3 Agustus 2023.

Ia mengatakan, ke-89 kasus tersebut terjadi di 28 sekolah yang tersebar pada 15 kota/kabupaten yang ada di Jawa Barat, di mana di antaranya ada yang merupakan sekolah unggulan, non unggulan, pusat kota dengan padat penduduk dan juga tidak.

Baca Juga :

Viral Polusi Udara Jakarta Kian Buruk, Ini Penjelasan KLHK dan BMKG

“Padahal sebenarnya ada yang memalsukan sebenarnya tanpa dia memalsukan data, dia bisa masuk ke sekolah tersebut karena kuotanya memungkinkan,” kata dia.

Modus Pemalsuan KK saat PPDB

Baca Juga :

Korban Tewas Akibat Kebakaran Hawaii Bertambah Jadi 53 orang

Ia menjelaskan pemalsuan yang dilakukan oknum adalah dengan mengubah QR code pada KK dan tujuannya agar bisa masuk ke situs Disdukcapil palsu yang telah dibuat, untuk membenarkan data alamat untuk mengakali skema zonasi PPDB.

Halaman Selanjutnya

“Jadi dia buat ke url, seolah-olah dinas kependudukan dan pencatatan sipil (website) asli, padahal palsu. Sehingga ketika verifikator melihat checklist, langsung disetujui. Padahal kalau dilihat secara detail pada url yang asli, berbeda,” katanya.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Pelatihan - PT Inter Strada Solutrindo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *