Wisata Air Terjun Lembah Anai Sumatra Barat, Ada Air Terjun Proklamator Pula

Berita286 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Saat berkunjung ke Padang, Sumatra Barat, Lembah Anai masuk dalam destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pesona alam yang menyegarkan pikiran, terutama keindahan air terjun membuat orang terus berdatangan mengunjunginya.

Lembah Anai memiliki wisata airt terjun bernama Air Terjun Lembah Anai atau kerap dikenal Aia Tajun. Air Terjun yang berada di tepi Jalan Raya Padang-Bukittingi, di kaki Gunung Singgalang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat ini memiliki tinggi sekitar 35 meter.

Mengutip tanahdatar.go.id, Air Terjun Lembah Anai merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah, anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini terletak di batas barat kawasan Cagar Alam Lembah Anai sehingga suasana masih alami yang dihiasi dengan hutan lebat serta pepohonan rimbun.

Akibatnya, tidak jarang monyet berkeliaran di area air terjun tersebut. Keindahan alam nan asri membuat Air Terjun Lembah Anai menjadi ikon pariwisata Provinsi Sumatra Barat yang setiap musim liburan tiba selalu dipenuhi wisatawan. 

Air Terjun Lembah Anai memiliki air jernih yang menyusuri perbukitan menuju lereng. Lalu, air tersebut terus mengalir melalui hutan Gunung Singgalang sebelum akhirnya sampai di tepi tebing curam. Kemudian, dari tebing ini, aliran air akan terjun ke dasar Lembah Anai dan membentuk kolam tempat air berkumpul. Air terjun yang berkabut air membentuk gugusan indah berwarna-warni ketika disinari cahaya matahari. Debit air di sana cukup deras dan stabil di musim penghujan, tetapi debit air sangat deras ketika hujan lebat turun. 

Menurut p2k.stekom.ac.id, untuk mencapai Air Terjun Lembah Anai dari Kota Padang hanya menempuh perjalanan sekitar satu jam menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi, atau kereta api pariwisata. Aksesnya yang mudah dijangkau semakin membuat wisatawan memenuhi wisata ini.

Baca Juga  5 Masjid Terbaik Di Kota Palembang Versi Kami

Iklan

Selain Air Terjun Lembah Anai, terdapat Air Terjun Proklamator yang juga menjadi wahana penyejuk mata serta pikiran. Air terjun Proklamator terletak relatif dekat dengan Lembah Anai, tepatnya di Kanagarian Singgalang, Sapuluah Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tergolong baru di Sumatra Barat.

Nama air terjun ini diambil karena ditemukan pertama kali oleh Mahasiswa Pecinta Alam Proklamator, Universitas Bung Hatta ketika membuka jalur pendakian di kawasan tersebut pada 2020.

Akses masuk menuju Air Terjun Proklamator ada di seberang jalan rumah makan Manggung sebelum Air Terjun Lembah Anai, jika dari arah Bukittinggi menuju Kota Padang. Jarak tempuh untuk menuju air terjun tersebut hanya memakan waktu sekitar 40 menit dengan berjalan kaki dari jalan utama karena tidak dapat ditempuh dengan kendaraan sampai ke lokasi. Selama perjalanan, para pengunjung akan melalui jalan yang cukup ekstrem, tetapi tetap dapat dilalui lantaran ada pagar pembatas dibuat oleh pengelola wisata.

Melansir langgam.id mitra Teras.id, keindahan yang ditawarkan Air Terjun Proklamator di Lembah Anai ini menawarkan pemandangan air terjun dari berbagai sisi. Air yang mengalir sangat jernih sehingga dapat merasakan Iangsung kejernihan air dan dapat berenang untuk merilekskan badan. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat batu-batu alami untuk duduk menikmati keindahan alam.

Pilihan Editor: Walhi Sumbar Protes Rencana Pemerintahan Sumatera Barat Bangun Plaza di Lembah Anai



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *